Baru Tahu! 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Baru Tahu! 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Tempe, Siapa yang tidak kenal bahan pangan yang merakyat ini. Tempe adalah salah satu bahan makanan yang enak dan murah.

Sama seperti tahu Tempe terbuat dari Kacang Kedelai, Jika tahu terbuat dari sarinya. Tempe terbuat dari biji-biji kedelai yang tengah melalui beberapa proses.

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan jenis kapang Rhizopus yang dikenal sebagai ragi tempe.

Berikut 6 manfaat tempe untuk kesehatan.

Mencegah Osteoporosis

Tempe mengandung kalsium, vitamin K dan vitamin D yang merupakan mineral untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah tulang menjadi lemah, rapuh dan patah.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Tempe bermanfaat untuk mencegah diabetes, tempe mengandung protein, vitamin B3, yang dapat menurunkan kadar gula darah.

BACA JUGA :   Mengenal GERD, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Tempe juga mengandung isolflavin dan serat yang bisa menjaga gula darah tetap stabil.

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan untuk menjaga kesehatan bisa menambah menu tempe dalam makanan kamu.

Tempe mengandung tinggi protein, tinggi serat dan rendah lemak serta kandungan vitamin B kompleks. Tempe juga adalah makanan yang mudah diserap oleh tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan terjadinya pembentukan plak atau lemak yang menempel pada bagian dinding pembuluh darah dengan terbentuknya plak beresiko menyebabkan penyakit jantung hingga storke.

Kacang kedelai dalam tempe mengandung isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan Trigliserida dalam darah. Disarankan agar tetap menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.

BACA JUGA :   Baru Tahu! 8 Manfaat lain Daun Seledri untuk Tubuh

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Dengan sistem pencernaan yang baik semua nutrisi akan diserap tubuh secara baik sehingga dapat membantu sisitem kekebalan tubuh.

Tempe mengandung prebiotik yaitu senyawa dalam makanan yang tidak dapat dicerna dalam tubuh yang berguna untuk merangsang mikoorganisme yang bersifat baik untuk tubuh.

Mencegah Kanker

Kanker dapat terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang terus bermutasi dan menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna.

Berbagai studi membuktikan senyawa polifenol dan isoflavone pada tempe mampu menghambat produksi sel kanker.

Studi lain membuktikan produk kedelai bisa efektif dalam menurunkan angka kematian pada wanita akibat kanker payudara. * Res

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *