Baru Tahu! 8 Manfaat lain Daun Seledri untuk Tubuh

Baru Tahu! 8 Manfaat lain Daun Seledri untuk Tubuh

Hijau kecil yang memberikan aroma harum pada masakan, apalagi jika bukan Daun Seledri. Daun Seledri biasa menjadi bahan pelengkap untuk makanan dan masakan. Agar menjadi harum, gurih dan sedap.

Makanan yang biasa menggunakan seledri antara lain, bakso, sup, dan makanan kuah lainya. Seledri juga sering ditambahakan untuk taburan cemilan.

Disamping manfaatnya untuk masakan, tahukan kamu jika seledri juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain rendah kalori, daun seledri memiliki kandungan asam fenolik, flavonol, dihydro stilbenoids, flavon, furanocoumarin, dan fitosterol sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, seledri kaya akan vitamin K, A, C, potasium, dan folat. Diantara banyak manfaat daun seledri berikut ini sedikit manfaat daun Seledri:

BACA JUGA :   Gigi Berlubang? Berikut Cara Mengatasinya

Manfaat Daun Seledri untuk Tubuh

Membantu meredakan peradangan

Daun seledri juga mengandung antioksidan fitonutrien yaitu memiliki sifat anti-inflamasi
Penelitian yang pernah dilakukan oleh Harbin Medical University (China), menemukan jenis sayuran ini juga sumber flavonoid yang begitu penting untuk tubuh.

Dapat mengurangi resiko penyakit kanker

Daun seledri tentunya kaya antioksidan yang sangat membantu menangkal dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan munculnya penyakit kanker.
Tidak hanya itu, daun seledri kaya akan dua flavonoid bioaktif yang bisa membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh kamu.

Dapat menurunkan tekanan darah

Daun seledri juga mengandung fitokimia yang biasa disebut sebagai phthalates. Yaitu dapat melemaskan dinding arteri dan dapat meningkatkan aliran darah.
Selain itu seledri juga bisa memperluas otot polos yang terdapat di pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA :   8 Cara Ampuh Atasi Mengantuk Saat Bekerja

Menjaga kesehatan pencernaan

Serat alami yang terdapat pada daun seledri menjadikan jenis makanan ini sangat ramah terhadap sistem pencernaan.
Karena Serat yang larut dalam seledri mampu difermentasi oleh bakteri yang terdapat di usus besar.

Cegah kelupaan

Penelitian yang pernah dilakukan di Universitas JiNan (China), menemukan bahwa ada hubungan antara luteolin (flavonoid yang ada dalam seledri) dan bisa menurunkan tingkat kehilangan memori terkait usia tertentu.

Membantu Diet

Seledri yang memiliki kalori rendah bisa juga untuk membantu anda dalam program diet. Dalam satu buah tangkai seledri yang berukuran besar, kalorinya sendiri hanya sebesar 7 kkal saja.

Menjaga Kesehatan Hati

Pasalnya, ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. Saat organ ini mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Namun ternyata ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Sehingga dapat menjaga kesehatan hati.

BACA JUGA :   Baru Tahu! 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat daun seledri yang ke empat adalah untuk membantu meningkatkan kadar kesuburan pada pria.

Melansir Journal of Complementary and Integrative Medicine terhadap 16 studi tentang seledri dan kesuburan menemukan bahwa, seledri dapat memiliki efek perlindungan terhadap zat yang dapat merusak jumlah sperma.

Itulah beberapa manfaat seledri untuk kesehatan, Semoga bermanfaat* Res

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *