Cantik dan Unik! 7 Tanaman Hias Pemakan Serangga

Tanaman Pemakan Serangga

Melihat tanaman cantik dipekarangan rumah tentu akan membuat hati merasa sejuk dan nyaman. Apalagi dengan bunga-bunga warna cantik yang memukau.

Namun bagaimana dengan tanaman yang satu ini? beberapa tanaman dibawah ini merupakan tanaman unik yang tergolong sebagai tanaman karnivora.

Umumnya, tanaman dapat tumbuh dengan memperoleh nutrisi untuk tumbuh dan berkembang biak, lewat akarnya yang menyerap air dari dalam tanah dan cahaya matahari, serta tambahan pupuk supaya tanaman dapat tumbuh subur.

Namun tanaman unik ini dapat memakan serangga, tanaman ini disebut dengan tanaman karnivora. Layaknya hewan predator, tanaman ini memiliki cara untuk memikat mangsanya supaya mendekat.

Tanaman karnivora memakan serangga atau makhluk kecil lainnya untuk bertahan hidup. Mereka biasanya akan membuka kelopak bunganya untuk menarik perhatian serangga, lalu kemudian menutupnya supaya serangga tidak bisa keluar dari jeratannya.

Berikut 7 jenis tanaman karnivora pemakan serangga melansir dari berbagai sumber.

1. Venus Flytrap

BACA JUGA :   Seram! 8 Tempat Penampakan Hantu Film Horor di Rumah

Venus flytrap memiliki bentuk yang menyeramkan seolah seperti mulut monster yang memiliki gigi tajam. Mulut ini akan membuka dan menarik perhatian serangga, terutama lalat untuk hinggap di dalamnya.

Saat serangga mulai terlena, maka tanaman ini langsung menutup mulut dan memakannya.
Pemilik nama latin Dionaea muscipula ini membutuhkan iklim lembap untuk bisa berkembang biak dengan baik.

2. Pitcher Plants / Kantong Semar

Pitcher plant atau dikenal dengan sebutan kantong semar juga menjadi tanaman pemakan serangga yang terkenal di Indonesia. Tanaman ini memiliki bentuk seperti kantung yang dapat menarik perhatian serangga dengan cara mengeluarkan aroma yang menarik perhatian serangga. Serangga akan terpeleset masuk ke kantong yang berisi cairan, setelah itu tanaman ini akan menyerap nutrisi dari serangga.

3. Butterwort

BACA JUGA :   Mengulik Mitos Sandekala dan Larangan Keluar Jelang Magrib

Butterwort sering disebut bulu kupu-kupu. Tanaman yang memiliki bulu-bulu halus pada daunnya yang terlihat cantik ini, termasuk ke dalam jenis tanaman karnivora. Selain cantik dan tampak berbulu halus, daun butterwort ini memiliki cairan lengket yang bisa menjebak semut yang lewat sampai akhirnya semut itu mati dan menjadi makanannya.

4. Monkey Cup

Tanaman yang masih satu keluarga dengan kantong semar ini berasal dari hutan di Asia Tenggara, India, Madagaskar, dan Australia yang terkenal dengan nama Monkey Cup.

Monkey cup sebenarnya adalah mutasi daun yang telah berevolusi untuk menarik dan kemudian menjebak serangga. Setelah terperangkap, serangga jatuh ke dalam cairan di dasar kantong dan nutrisinya dapat tercerna dan terserap ke dalam tanaman.

5. Drossera

Drosera Baunya manis dan tentakel pada bunganya berguna menarik perhatian serangga. Tentakel tersebut kemudian bergerak menangkap serangga yang mendekat untuk dimakan.

BACA JUGA :   Hobby Touring? Berikut Tips Persiapan Touring Nyaman dan Aman

6. Utricularia

Tanaman utricularia adalah tanaman karnivora yang tahan dalam keadaan suhu apapun. Meski begitu, tanaman ini tetap membutuhkan air bersih agar bisa tetap tumbuh. Jadi tanam mereka di luar ruangan agar bisa mendapat siraman air hujan. Tumbuhan karnivora ini memanfaatkan kandung kemih untuk menangkap mangsa. Ada rambut kecil yang menempel di bunga yang bertugas sebagai perangkap bagi serangga yang mendekat.

7. Roridula

Roridula adalah tanaman karnivora pemakan serangga yang berasal dari Afrika. Roridula tidak dapat mencerna sendiri makanannya. Dirinya hanya bisa menangkap serangga yang kemudian dimakan oleh serangga Pameridea roridulae yang ada di dekatnya. Serangga ini lah yang kemudian memberikan nutrisi pada tanaman berupa hasil kotoran hewan.

Itulah beberapa tanaman karnivora yang bisa menjadi koleksi tanaman di pekaranganmu.* Res

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *