Mengenal GERD, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Mengenal GERD, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Pernahkah kamu mendengar kata GERD? GERD merupakan penyakit asam lambung yang merupakan singkatan dari (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD adalah penyakit kronis pada system pencernaan lambung.

Kondisi ini dapat terjadi Ketika asam lambung naik Kembali ke esofagus (kerongkongan). Hal ini terjadi akibat melemahnya sfingter (katup). Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada esofagus.

Gejalanya sendiri memiliki gejala umum layaknya sakit mag. seperti sensasi terbakar di dada hingga kerongkongan. Sensasi ini memberat bahkan setelah makan atau berbaring. Pahit dan asam di mulut.

Nyeri pada tenggorokan hingga suara menjadi serak. Selain itu gejalanya juga ditandai dengan kesulitan bernafas hingga mual.

Penyebab GERD

Penyebab GERD adalah gagalnya relaksasi cincin (sfingter) yang berperan untuk mengatur proses buka-tutup katup yang menghubungkan esofagus bawah dengan lambung.

BACA JUGA :   Baru Tahu! 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Kebiasaan hidup yang buruk juga bisa menyebabkan penyakit ini menjangkit. Yaitu
1. Merokok
2. Mengkonsumsi makanan tiga jam sebelum tidur
3. Mengurangi porsi makan yang biasa di Konsumsi
4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Selain menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan GERD. Kita juga dianjurkan untuk menjaga pola hidup yang sehat seperti

1. Hindari merokok
2. Meningkatkan posisis kepala saat tidur
3. Menghindari makanan asam dan terlalu pedas
4. Tidak Mengenakan pakaian yang terlalu ketat
5. Menurunkan berat badan jika badan terlalu berlebih.
6. Hindari Stress
7. Kurangi Kopi, Alkohohol, Soda yang bisa memicu GERD

Agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah penting untuk kita mengenali gejala GERD dan melakukan Langkah-langkah penanganan sejak dini untuk mengatasinya. Namun kita perlu segera berkonsultasi ke dokter jika gejala GERD yang kita alami tidak kunjung membaik.* Res/Berbagai Sumber

BACA JUGA :   Cara Meredakan Flu dengan Bahan Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *