Berita  

Rakercab Ke-II DPC APDESI Dibuka Langsung Herdiat Sunarya

Rakercab Ke-II DPC APDESI Dibuka Langsung Herdiat Sunarya

CIAMIS – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya secara resmi membuka kegiatan rapat kerja cabang (Rakercab) Ke-II Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis di Aula Hotel Tyara Plazza Ciamis, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2023.

Adapun peserta berjumlah 126 orang yang merupakan perwakilan dari 27 Kecamatan yang berada di Kabupaten Ciamis dengan mengusung tema “APDESI Membangun Semangat Sinergitas, Mewujudkan Desa Mandiri, Sejahtera Untuk Semua”.

Mengawali sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Kepala Desa atas kerjasamanya dalam membangun desa di Kabupaten Ciamis.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terimakasih, atas kerjasamanya karena telah bahu membahu dalam membangun desa,” ucap Herdiat.

BACA JUGA :   Cek Harga Sembako, Walkot dan Satgas Pangan Kota Banjar Lakukan Sidak Pasar

Kemudian Herdiat menerangkan bahwa meskipun mendapatkan penghargaan bukanlah tujuan, tetapi pada tahun 2022 desa yang berada di Kabupaten Ciamis mendapatkan 278 penghargaan dari berbagai kategori.

“Itu membuktikan bahwa Bapa Ibu tidaklah diam, terus berupaya, berlari dalam melayani masyarakat,” Imbuhnya.

Diakhir Sambutannya, Herdiat mengamanatkan kepada para peserta Rakercab agar memanfaatkan acara tersebut.

“Bapak Ibu silahkan manfaatkan forum ini untuk membahas kepentingan-kepentingan, Sehingga dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat dan berguna baik bagi organisasi maupun masyarakat Tatar Galuh Ciamis,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Umum APDESI Yoyo Wahyono menyampaikan bahwa APDESI telah mendorong para Kepala Desa untuk memunculkan ide dan gagasan dan pemikiran dalam rangka kemajuan pemerintah desa yang demokratis maju, mandiri dan sejahtera.

BACA JUGA :   Bersama Buya Yahya, Herdiat Lakukan Peletakan Batu Pertama di Ponpes Al-Bahjah Panjalu Ciamis

“Hal tersebut supaya sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk semua,” terangnya.

Selanjutnya, Yoyo menjelaskan bahwa semua itu bisa di lihat dari komitmen Bupati Ciamis yang dibuktikan dengan IDM Kabupaten Ciamis bisa naik dengan drastis.

“Tahun 2022 kemarin, Kabupaten Ciamis di nobatkan oleh Kemendes dengan setatus Kabupaten Ciamis yang berkembang maju dan mandiri” paparnya.

“Pencapain tersebut merupakan pembuktian Bupati Ciamis yang menyebutkan sejak tahun 2020 tidak ada lagi status Desa yang tertinggal di Kabupaten Ciamis,” tambahnya.

Diketahui bahwa status desa mandiri di Kabupaten Ciamis terus meningkat, pada Tahun 2021 tercatat 45 desa, di tahun 2022 naik secara signifikan menjadi 116 Desa.

BACA JUGA :   Lewat Jumat Curhat, Kapolsek Pameungpeuk Dengarkan Keluhan Guru

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil bupati Ciamis Yana D. Putra, Unsur Forkopimda, SKPD terkait beserta tamu undangan lainnya. (BP01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *