Berita  

Siap Sukseskan Pemilu 2024, Sebanyak 1.300 Petugas PPS di Bogor Resmi Dilantik

Siap Sukseskan Pemilu 2024, Sebanyak 1.300 Petugas PPS di Bogor Resmi Dilantik

BOGOR – Persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, bahkan kini sudah memasuki tahap pelantikan Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Sebanyak 1.300 Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik yang akan disebar di 435 desa dan kelurahan se-Kabupaten Bogor, bertugas menciptakan pesta demokrasi yang aman, nyaman, suskes dan kondusif di Kabupaten Bogor.

Pelantikan 1.300 petugas PPS dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni dan didampingi oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di PT PMLI/Pelindo Pembelajaran dan Logistik Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 24 Januari 2023.

BACA JUGA :   Anak Muda Harus Jadi Pemimpin, Begini Kata Muhammad Alifio Asmara Putra

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, seluruh petugas PPS tidak hanya fokus menyukseskan penyelengaraan Pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten dan kecamatan saja, juga fokus hingga tingkat desa.

“Untuk itu sosialisasi, pengamanan dan sistem pelaksanaannya harus lebih maksimal lagi,” terang Iwan.

Dirinya juga meminta kepada seluruh petugas PPS untuk aktif melakukan sinergitas dengan seluruh petugas baik TPS hingga PPK guna menjaga kondusivitas pelaksanaan Pemilu tahun 2024, serta meminimalisir terjadinya konflik dan gesekan terutama ditingkat TPS.

“Ini harus kita perhatikan, edukasi, literasi pemahaman tentang peraturan harus benar-benar massif dilakukan, bahkan berikan buku saku supaya lebih paham,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa tugas PPS antara lain, menyiapkan dengan baik semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk proses pemungutan suara, menjamin aksesibilitas bagi pemilih dengan keterbatasan fisik atau non-fisik.

BACA JUGA :   Wabup Ciamis : Petugas Harus Paham Tata Aturan dan Junjung Tinggi Netralitas

Kemudian memastikan daftar pemilih valid dan update, melaksanakan proses pemungutan suara sesuai peraturan, aman dan tertib, mengawasi ketat terhadap aktivitas yang tidak sah dan menjaga kerahasiaan data pemilih.

Selanjutnya, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni menerangkan, terdapat 200 PPK, 120 kesekretariatan dan 1.300 petugas PPS akan di sebar ke 435 desa/kelurahan se-Kabupaten Bogor. Untuk membantu PPK dalam melakukan rekrutmen pantarlih, pemetaan TPS, dan membantu memverifikasi faktual DPD.

“Kabupaten Bogor memerlukan penyelenggara orang-orang yang benar-benar memiliki 12 asas penyelenggara karena Kabupaten Bogor ini adalah kabupaten yang memiliki DPT terbesar se-Indonesia. Ini merupakan tantangan yang berat bagi KPU, untuk bisa menyinergikan dan menyolidkan teman-teman tapi dengan aturan,” imbuhnya.

BACA JUGA :   DPC PDI Perjuangan Kota Banjar Bagikan Makanan Sehat Gratis, Ini Sasarannya

Turut hadir dalam kegiatan Pelantikan dan Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Tahun 2024, yakni Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Undang Suryatna, Perwakilan Bawaslu Kabupaten Bogor. Perwakilan Polres Bogor, Perwakilan Polres Metro Kota Depok, Perwakilan Kodim 0621/Kab. Bogor, Perwakilan Kodim 0508/Depok, Aspemkesra, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Camat Ciawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *